Kamis, 21 Desember 2017

Tempat Wisata Dieng Wonosobo Yang Bisa Bikin Kalian Melongo

Tempat Wisata Dieng Wonosobo Yang Bisa Bikin Kalian Melongo - Melihat koleksi gambar wisata Dieng yang beredar di internet maupun media sosial membuat kita semakin tergugah untuk menjelajahinya. Beragam landscape alam yang menakjubkan tercetak di tempat wisata Dieng Wonosobo ini. Menelusuri tempat wisata Dieng Wonosobo memang seperti tidak ada habisnya. Anda akan dimanjakan oleh keindahan yang dahsyat sehingga akan membuat Anda seakan tidak berada di bumi.

Kawasan Wisata Dieng sendiri sangat banyak yang bisa Anda nikmati. Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng juga ada beberapa macam yang mempesona. So, gak bakalan rugi deh jika kalian menghabiskan liburan Anda untuk menikmati wisata alam Dieng.

Tempat Wisata Dieng Wonosobo nan Eksotis


Sebenarnya kawasan wisata Dieng Plateau ini merupakan sebuah kawasan vulkanik yang masih aktif, bisa dikatakan sebagai gunung berapi raksasa dengan beberapa puncak serta kawah. Dataran tinggi Dieng terletak di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di antara kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

Harga tiket masuk Dieng cukup murah, yakni hanya 10 ribu rupiah, belum termasuk HTM tempat wisata Wonosobo Dienglainnya. Kendati demikian, berbagai fenomena alam vulkanis dapat Anda temuidisini. Seperti yang tergambar di bawah ini:

1. Bukit Sikunir

Tempat Wisata Dieng Bukit Sekunir
Tempat Wisata Dieng Bukit Sekunir
Meski hanya sebuah bukit kecil dengan jalur tempuh jalan kaki sekitar 30 menit, namun keindahan momen golden sunrise (matahari terbit keemasan) di tempat wisata Wonosobo Dieng ini benar-benar tidak akan Anda lupakan seumur hidup. Bahkan bukit yang berada di kawasan wisata Wonosobo Dieng Bukit Sikunir ini menjadi salah satu spot untuk melihat golden sunrise yang terbaik di Indonesia.

2. Telaga Warna

Tempat Wisata Dieng Wonosobo Telaga Warna
Tempat Wisata Dieng Wonosobo Telaga Warna
Telaga Warna merupakan tempat wisata Wonosobo Dieng yang terletak di ketinggian 2000 MDPL, bernaung di antara bukit-bukit tinggi yang menambah daya tarik dan pesonanya. Di kawasan Telaga Warna, ada beberapa gua yang wajib Anda kunjungi. Di antaranya adalah Gua Semar, Gua Sumur Eyang Kumalasari serta Gua Jaran Resi Kendaliseto.

3. Telaga Pengilon

Tempat Wisata Dieng Wonosobo Telaga Pangilon
Tempat Wisata Dieng Wonosobo Telaga Pangilon
Pengilon dalam bahasa Jawa artinya cermin. Sesuai dengan namanya, air di telaga ini mirip sekali dengan cermin. Meski letaknya berdekatan dengan Telaga Warna, keindahan wisata Wonosobo Diengini memberikan sensasi yang berbeda, magis dan mempesona.

4. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin
Batu Pandang Ratapan Angin
Batu Pandang Ratapan Angin atau Batu Pandang Dieng merupakan sebuah batu besar yang lokasinya berdekatan dengan Dieng Plateau Theater, bahkan pintu masuknya pun sama. Dari batu besar yang Anda duduki, Anda dapat memandang ke arah pemandangan Dieng yang eksotis dan luar biasa indah.

5. Telaga Cebongan

Tempat Wisata Dieng Telaga Cebongan
Tempat Wisata Dieng Telaga Cebongan
Telaga ini berlokasi di Desa Sembungan yang mana berada di ketinggian 2300 MDPL. Atau 335 meter lebih rendah dari ketinggian Dieng yang sesungguhnya, yakni 2565 MDPL. Telaga ini biasanya dikunjungi setelah para wisatawan menikmati golden sunrise di Sikunir.

Baca juga : Pantai Tiga Warna Malang Indahnya Gak Ketulungan

6. Candi Arjuna

Wisata Dieng Wonososbo Candi Arjuna
Wisata Dieng Wonososbo Candi Arjuna
Kompleks Percandian Arjuna di kawasan wisata Diengmenambah pesona Dieng yang eksostis. Terdapat 5 candi Hindu disini, yakni Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Semar dan Candi Sembadra. Berdasarkan sejarah, kompleks percandian ini termasuk yang tertua di Pulau Jawa.

7. Kawah Sikidang

Wisata Dieng Wonosobo Kawah Sikidang
Wisata Dieng Wonosobo Kawah Sikidang
Wisata alam Dieng berupa kawah ini berada di tanah datar, tidak seperti kawah gunung pada umumnya yang berada di puncak gunung. Namun meski kawah ini cukup indah, Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu dekat karena semburan belerangnya cukup beracun.

Meski dataran tinggi Dieng terdapat di provinsi Jawa Tengah, namun wisatawan yang datang banyak yang dari luar kota maupun mancanegara. Selain tempat wisata Wonosobo Dieng, masih ada sejumlah wisata lainnya di kota ini. Beberapa tempat wisata di Wonosobo selain Dieng di antaranya Gunung Prahu, Agrowisata Kebun Teh Tambi, Curug Winong dan Waduk Wadaslintang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tempat Wisata Dieng Wonosobo Yang Bisa Bikin Kalian Melongo

0 komentar:

Posting Komentar